Kuliah Terakhir

Di beberapa kampus Amerika, ada sebuah tradisi menarik yang disebut Last Lecture. Ini adalah last lecture yang biasanya diberikan oleh professor yang akan pensiun. Mereka ini diberi kesempatan memberi kuliah untuk terakhir kalinya, meringkaskan lifelong lessons kepada audiensnya, dari pengalamannya selama bertahun-tahun menjadi menjadi profesor.

Tadi siang saat kami sekeluarga pergi ke toko buku Barnes & Noble, mata saya tertumbuk pada sebuah buku di rak buku baru, berjudul “Last Lecture”. Buku ini pada dasarnya adalah transkrip kuliah terakhir yang diberikan oleh Randy Pausch, seorang professor di Carnegie Mellon University. Ia terkenal akan karya-karyanya di bidang teknologi dan virtual reality.

Dia bukan hendak pensiun seperti biasanya. Tetapi didiagnosa kanker pankreas. Kuliah terakhirnya jauh dari kesedihan. Di awal kuliahnya dia menekankan bahwa kuliahnya bukan tentang “cancer, spirituality, or religion”. Kuliah ini memberi inspirasi dan justru penuh joke segar dan tawa. Topik besarnya adalah tentang: “pursuing your childhood dreams and enabling others to achieve their childhood dreams”. Betul kata dia, menjadi dosen/profesor memungkinkannya menolong orang lain (murid-muridnya) mewujudkan berbagai mimpi masa kecil.

Di toko buku tadi saya hanya sempat membaca beberapa halaman, kelihatannya buku itu sangat menarik. Sampai dirumah, saya google dan menemukan bahwa ternyata rekaman kuliah itu ada di youtube, di upload oleh Carnegie Mellon University sendiri.

Ruang kuliahnya padat oleh mereka yang ingin mendengarkan kuliah terakhir ini. Diantara beberapa joke segarnya adalah tentang spirituality. Walaupun dia bilang kuliah ini tidak akan menyinggung soal spiritualitas dan agama, tetapi menurutnya dia akhirnya mengalami sebuah pencerahan spiritualitas yaitu: I now believe that there is a deathbead conversion. I just bought myself an Apple Macintosh”….ha..ha.

Saya ingin tahu perasaan istrinya menyaksikan suaminya memberi kuliah terakhir. Tetapi saya yakin istrinya berbahagia memiliki suami yang lives a good life seperti dia. Adegan paling menyentuh menurut saya ada di akhir kuliah, ketika ia bilang kepada audiens bahwa: “this talk is not for you, it’s for my sons.”

Bagi para pendidik, dosen, guru, ataupun mereka yang berminat pada hal-hal motivasional, video rekaman kuliah yang panjangnya 76 menit di youtube ini mungkin pas untuk ditonton:
http://uk.youtube.com/watch?v=ji5_MqicxSo

5 Tanggapan to “Kuliah Terakhir”

  1. nant's Says:

    Lip, tulisan ini kalo dikasih back sound lagu, “trima kasih ku ucapkan, pada guruku yang tulus ilmu yang berguna…” keren banget. Seraya menambah bobot syahdu kutipanmu Bos, “pursuing your childhood dreams and enabling others to achieve their childhood dreams”.

    Bahkan ketika goyah akan mimpi itu, pertanyaan yang datang dari kepada gue di rumah adalah, “jadi maumu apa?” Ah begitu membebaskan!

    Lasykar Pelangi Kalipun…hidup bu muslimah!

    Efek dahsyat laskar pelangi ada di sini bos

  2. dani Says:

    bang pilip, mulih ke Indo kapan lagi??dah mau masuk pemilu lho..gak ikutan nyalonin diri jadi caleg di Sumbar seperti kawan-kawan yang lain???hehehe

    Salam

  3. nant's Says:

    Lip, ini buku ama transkrip Randy pausch yang ada di alamat ini beda ato sama? mau beli cuma sayang duit kalo gak beda jauh mah :D

  4. philips vermonte Says:

    nanto, ya hampir sama kok bukunya ama transkripnya. btw, randy pausch akhirnya meninggal dunia sekitar dua atau tiga minggu lalu…

  5. Student Says:

    Sebuah tradisi yang baik untuk diterapkan di Indonesia ya. Biasanya kuliah terakhir di sejumlah PT di Indonesia, justru mereview materi kuliah atau menanyakan kisi2 ujian ya hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: