Soal Blogger Indonesia

Saya barusan membaca sebuah posting menarik di blog milik seorang dosen ITB bernama Budi Rahardjo, salah satu blogger Indonesia terpopuler di wordpress. Judulnya adalah “Jadi Profesor dan Rektor” (klik di sini). Dari komentar-komentar pengunjung blog atas tulisan itu, ada banyak sinisme juga yang terbaca. Ada yang ‘mencela’: “gimana mau jadi professor, lah wong nge-blog melulu”.

Agak aneh juga. Saya memang sering mendengar komentar sinis mengenai blogger di Indonesia. Sebagian orang bilang blog adalah cerminan narsisme, atau blog adalah milik orang-orang kurang pekerjaan. Saya rasa komentar semacam itu justru merefleksikan kenyataan bahwa orang kita tidak biasa mengekspresikan perasaan dan pemikiran, baik secara lisan ataupun melalui tulisan.

Soal ekspresi perasaan, coba kita ingat betapa sulitnya kita mengungkapkan secara lisan dan langsung ungkapan ‘I love you’ dihadapan anak, ayah-ibu, pasangan, guru, dosen, sahabat dan lain-lain. Pada momen tertentu, ketika ingin mengungkapkan perasaan sayang itu, terasa macet di tenggorokan dan membuat ingin tersedak. Sebab lain yang mungkin adalah keterbatasan kosa kata dan rasa bahasa Indonesia untuk ungkapan perasaan (ini salah satu alasan mengapa saya lebih suka posting bahasa Indonesia, melatih saya berpikir keras untuk memilih kata dalam mengekspresikan pikiran dan perasaan – syukur kalau bisa ikut mengembangkan bahasa Indonesia).

Mengenai ekspresi pemikiran, keadaan juga sama saja. Cerita para blogger tentang diri sendiri (pemikiran pribadi, penelitian, perenungan dan semacamnya) menurut saya bukan kesalahan. Kenapa harus pusing menilai-nilai itu narsisme atau bukan? It does not do any harm buat saya yang membacanya kan? Yang penting saya bisa belajar dari orang lain. Saya suka membaca blog orang lain yang menceritakan pengalaman pribadi, prestasi dan lain-lain. Itu membuat saya menghargai achievement orang lain. Sense of achievement adalah sesuatu yang penting, yang memberi inspirasi orang untuk berbuat lebih baik lagi dan membuat progress yang lebih jauh lagi. That’s the essence of the history of mankind. Progress.

‘Keajaiban’ blog menurut saya adalah ia merupakan medium professional dan personal sekaligus. Ada banyak blog milik profesor-profesor terkenal. Dari Indonesia misalnya ada blog milik professor Abdul Munir Mulkhan, pengajar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang produktif menulis buku itu (klik di sini). Atau dari luar negeri, ada blog milik professor Greg Mankiw (klik di sini), ekonom di Harvard University, yang sangat informatif dari sisi akademis, dan sangat hangat dari sisi personal.

Dua blog milik profesor ini menceritakan pemikiran, ide, juga cerita achievement personal keduanya. Setiap saya membaca blog profesor Mankiw, membaca prestasi dan produktifitasnya, rasanya ada adrenalin yang menyebar dalam diri saya, membikin semangat belajar atau membaca yang kadang-kadang ada di titik nadir kembali naik…he..he.

Bahkan majalah sekaliber The Economist bulan lalu dua kali menulis soal blogger dan blogging sebagai hal yang fenomenal (masih saya cari link-nya, karena saya cuma baca print-edition-nya waktu itu, semoga dapat).

Yah, ini pendapat pribadi, namanya juga blog milik pribadi. Bebas merdeka menulis apa saja…:-)

13 Tanggapan to “Soal Blogger Indonesia”

  1. arul Says:

    BLog alternatif penulisan yang tidak kesampaian

  2. philips vermonte Says:

    arul, nice comment…:-)

    thanks sudah bertamu ke blog ini.

    salam
    pjv

  3. agus triyanto Says:

    salute atas kejujuran dalam menilai diri sendiri. saya sepakat kalau kita perlu belajar kembali untuk ‘mengungkapkan’ dengan ngeblok.thanks

  4. budi Says:

    ko kalo saya ngeblog tulisannya ga banyak ya??? Sulit mengeluarkan ide?

  5. philips vermonte Says:

    budi, santai saja. Nge-blog kan buat soal panjang pendek. Kata Rendra penyair itu: mengalir saja…he..he

    Kata orang, menulis harus dipupuk dengan membaca. Jadi mungkin ada gunanya juga membaca banyak-banyak, supaya bisa menulis banyak-banyak juga…:-)

  6. kuss indarto Says:

    Belakangan saya sadari bahwa blog menjadi evolusi dari diary yang tak jarang aku kerjakan saat usia-usia puber di smp dan sma dulu. Kita bisa nyebut diri sebagai blogger, atau diarists, journalists, journalers, atau apapun. Hal penting yang bisa direngkuh dari keadaban dan keadatan ini jelas memberi pengayaan pada bentuk2 ekspresi diri yang tak mampu diwadahi oleh medium konvensional lain yang ada sebelumnya. Dan, siapa tahu, menjadi aparatus (yang awet) untuk menebarkan gagasan (idea dissemination) ke publik yang lebih luas. Sekecil apapun gagasan kita itu. Sebaliknya, waow, aku bisa dapatkan banyak serpihan gagasan kecil dari banyak orang lewat blog mereka. Siapapun mereka. Blog, jadi keajaiban ketika yang privat menjadi tak berbatas jelas dengan yang publik. Salam! (www.kuss-indarto.blogspot.com)

  7. aini Says:

    setuju bung phillips. saya suka dengan tulisan anda. dan saya bangga ada orang seperti anda yang bangga menulis dalam bahasa indonesia.

  8. philips vermonte Says:

    mas kus dan mbak aini, terimakasih sudah mampir. Saya juga sudah mengunjungi blog Anda berdua, menarik posting-postingnya.

    salam
    pjv

  9. Delianur Says:

    Salam kenal nih… wah enak juga baca blog nya (jadi malu kalo inget blog punya saya hehehe)… saya baru tahu ada blog sebagus ini karena baru bisa akses milis itu pun setelah minta approve nya dua kali ke kang Tatang Muttaqien

    Keep posting deh…

    Delianur
    Fikom Unpad 98

  10. rizal Says:

    Philips, bos, soal kenapa gue, dan teman2 di cafe, ngeblog, bisa dilihat di sini . :-)

  11. philips vermonte Says:

    bos rizal, apa kabar lu?… So, Ape is the culprit, we can find the reason why people go blogging in him?…:-)

  12. anti Says:

    pak philips.. blog nya buaguuus banget. anti liat pas nge google “Tirto Adi Suryo Biography” karena penasaran dengan tetralogi pramoedya, eh ngga taunya malah nyambung kesini.. terus liat2 postingan yang lain.. ngga bisa berhenti deh :). Btw, keren banget si bisa wwcr langsung dengan Pramudya.. Bapak anak ITB yah? ya udah Salam kenal ya.. kalo sempet silahkan berkunjung ke http://www.anti.blogs.friendster.com/, ngga penting si isinya tapi siapa tau ada saran untuk meningkatkan kualitas menulis anti:).

  13. yaksa Says:

    OK’OK…………………..oke saja

Tinggalkan Balasan

