Demonstrasi di CSIS

Saya barusan baca berita ini di detikcom. Kantor saya di demo..he..he. I don’t know what’s really going on (paling anak-anak CSIS malah foto-foto sama para pendemo…he..he). Sudah lama juga tidak ada yang men-demo di kantor saya, terakhir tahun 1998. “Sebutan” buat CSIS banyak sekali: organ Orde Baru, agen neo-liberal, alat minoritas keturunan Tionghoa, macam-macam lah. Demo ini menambah daftar baru: penyeleweng sejarah Bung Sukarno…

Yah, masih mending daripada kantor Menko Kesra Abu Rizal Bakrie yang ditumpahi 700 kilogram lumpur Lapindo oleh demonstran dari Greenpeace kemarin…he..he
pjv

———

Pendemo Minta CSIS Dibubarkan
Ramdhan Muhaimin – detikcom
Jakarta – Gedung Central for Strategic and International Studies (CSIS) didatangi pendemo. Mereka meminta CSIS untuk dibubarkan. Para pendemo yang berasal dari Barisan Oposisi Rakyat (BOR) itu menuding lembaga pengkajian yang dulu pernah sangat berperan menyumbang banyak konsep Orde Baru ini turut serta dalam penyelewengan sejarah Bung Karno.

“Kami menuntut agar CSIS tidak lagi menerbitkan tulisan atau menggelar seminar yang menyelewengkan sejarah tentang Bung Karno. Kalau tidak lebih baik dibubarkan saja,” kata Ketua Umum BOR, Ana Nurhasanah, di kantor CSIS Jl Tanah Abang III, Jakarta, Jumat (29/9/2006).

Para aktivis BOR melakukan aksi damai di luar ruangan Auditorium CSIS. Ini dikarenakan pada saat yang bersamaan sedang digelar seminar dengan tema ‘Re-examining 30 September 1965 as an Historical Event’.

Dalam orasinya, mereka juga menuntut pemerintah untuk meluruskan sejarah tentang Partai Komunis Indonesia (PKI). Mereka juga meminta orang-orang yang menulis buku ‘Soekarno File’ ditangkap. “Kita juga meminta supaya seluruh anggota dan anak-anak PKI dalam beraktivitas tidak dibatasi,” imbuh Ana.

Dalam aksi tersebut mereka juga membawa spanduk-spanduk yang bertuliskan ‘Stop penyimpangan sejarah bangsa’, ‘CSIS jangan membedah buku terlarang’.

Aksi damai ini tidak mendapatkan pengawalan ketat polisi. Hingga pukul 17.10 WIB para demonstran masih berkumpul di Gedung CSIS.(ahm/nrl)

3 Tanggapan to “Demonstrasi di CSIS”

  1. abgaduh Says:

    Nah, itu dia: CSIS ini sama orang kiri dibilang kanan; sama orang kanan, dibilang kiri. Sama minoritas dibilang alat mayoritas; sama mayoritas, alat minoritas.

    Mungkin masalahnya, yang banyak orang enggak (mau?) tahu adalah prinsip CSIS bahwa setiap individu berbicara atas nama sendiri, bukan institusi — prinsip yang pernah menyebabkan perdebatan seru antara ini dan ini seputar Konvensi Golkar.

    Oh, well…

  2. Dina Says:

    demonstrasi mgk cara para pendemo memperkenalkan diri… biar nanti bisa kerja di CSIS… hue hue hue

  3. puspini Says:

    Salam Tiga Jari!
    -ikut-an foto sama para pendemo ;-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: