14 Juli

Tepat hari ini, lebih dari tiga dekade lalu, saya dilahirkan. Belum lagi menjadi manusia berarti, malah penuh nanah dan luka.

Tadi siang imam shalat jumat melantunkan surah Ar-Rahmaan. “Nikmat Tuhan yang mana yang engkau dustakan?” begitu bunyinya berulang-ulang.

Suatu hari beberapa tahun lalu, seorang paman saya amat sakit, terbaring tak sadarkan diri. Paman saya sempat sadar sebentar, meminta saya membaca surah Ar-Rahmaan untuknya. Terbata-bata saya membaca, tidak mengerti artinya. Saya lihat ada airmata menitik di ujung matanya, lalu ia kembali tidak sadarkan diri. Saya terus membaca.

Saya pulang, lelah bergantian berjaga di rumah sakit. Sebentar di rumah, kabar sedih datang dari rumah sakit. Paman telah tiada. Segera saya buka kitab, mencari tahu terjemahan surah Ar-Rahman. Indahnya. Baru kemudian saya bergegas kembali ke rumah sakit.

Bertahun kemudian, hari ini, saya mengerti bahwa saya ini sungguh manusia pelupa lagi durhaka. “Nikmat Tuhan yang mana yang engkau dustakan?”

Semoga masih tersisa waktu untuk memperbaiki diri, walau sedikit, dari kelam yang menggunung.

Surah Ar-Rahmaan Online

12 Tanggapan to “14 Juli”

  1. Dicky Says:

    SubhanAllah.. surat yang selalu membuat air mata menitik haru di tengah qiyamul lail dan keheningan fajar.. Sukses selalu bung.. semoga dengan umur yang tersisa bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. :) May The Force always be with you, bung.

  2. mer Says:

    Happy Birthday..
    Wish the real contentment at this moment of your life
    May your forthcoming year be filled with love, blessings and good deeds.

  3. Martin Manurung Says:

    Selamat Ulang Tahun, bung! Semoga sukses, dan jadi lawan tanding diskusi yang lebih tangguh lagi… hehehehe

  4. kuyazr Says:

    hahahaa…AR-Rahman?……semua nikmat telah aku dustakan…hahahaha……saya adalah tuhan.

  5. philips vermonte Says:

    thanks prens…juga buat bung kuyazr…he..he

  6. Luigi Says:

    Semoga dengan bertambahnya umur- senantiasa dalam lindungan Alloh SWT, dan seterusnya diberikan rejeki, karir yang barokah :)

    Peringatan buat saya juga untuk mempersungguh ibadah..
    ———————–
    Salam kenal dan salam hangat dari afrika barat :)

  7. puspini Says:

    Happy Bastille Day!
    (eh salah, hepi belsdei philipus…!)

  8. philips vermonte Says:

    Bung Luigi, thanks. Blog Anda menarik sekali, saya tertarik juga soal peacekeeping di Afrika. Pasti seru bekerja dengan UN Peacekeeping Mission seperti Anda…Salam kenal juga…

  9. she Says:

    ….. with all things happened with you, it must be the ways of GOD to his humanbeing… (weleh…. kalau ada salah.2 grammar and bahasa, maafkan ya mas!! Lagi krisis bahasa nih saya!! hehehhe).

    tapi… pastinya manusia itu dilahirkan ntuk bisa menolong sesama dan cara Allah memeberikan ke mas.. iya dengan mengajar mas…. seperti Elvis dikasih rahmat ntuk sesama dengan kepintaran dia bernyanyi (halah… iya nih mas, aku lagi melankolis ma’ Elvis.. Hikz :'(. Telat banget ya!!).

    overall… selamat ulang tahun (lagi) ya mas :). Tulisan mas jadi bahan renungan yang ngebaca nnniiihh :). hehehe.

    p.s: huwahahhahaa… maaf ya kalau tulisannya kurang berbobot!!! hihihihihihihi.

  10. philips vermonte Says:

    to puspini:…emang bareng ama revolusi perancis…
    to she: thanks juga sudah mampir

  11. yus ariyanto Says:

    selamat, bung. hidup terlalu agung untuk tak dirayakan…dengan berbuat baik dan benar.. :)

  12. Babe Says:

    Slamet ulang taon bos, semoga panjang umur & makin sukses, sorry telat tak pikir ini pada diskusi agama…eh ternyata ulang taon to.

Tinggalkan Balasan

